Kesiapan Lulusan Administrasi Perkantoran menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

dr cahya uno
Avatar

Seminar Nasional dan Call for Papers Revolusi Industri 4.0 berlangsung pada Sabtu (27/10/2018) di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Seminar yang diselenggarakan Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran (PAP) ini mengangkat tema “Kesiapan Lulusan Administrasi Perkantoran menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”. Tema tersebut disesuaikan dengan perkembangan dunia guna menyiapkan seluruh pelaku bidang Administrasi Perkantoran dalam menjawab tantangan tersebut.

Tujuan tema tersebut diangkat, menurut Susantiningrum, S.Pd,. SE,. MBA ketua panitia seminar nasional ini, disebabkan perkembangan dunia yang sangat pesat dan menyiapkan seluruh pelaku bidang Administrasi Perkantoran dalam menjawab tantangan tersebut. “Oleh karena itu, penting bagi kita dalam menyiapkan lulusan Administrasi Perkantoran yang dapat bersaing di Era Revolusi industri 4.0 sekarang ini,” ujarnya. Setelah itu, dilanjutkan sambutan sekaligus pembukaan oleh Dr. Munawir Yusuf, M.Psi. sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik menyampaikan bahwa “lulusan kita harus siap menghadapi perkembangan jaman now yaitu Era Revolusi Industri 4.0”.

DSC05215Seminar Nasional kali ini mendatangkan 3 narasumber yaitu: Dr. Indra C. Uno (Ketua Yayasan Mien R Uno Foundantion (MRUF);  Prof. Dr. Tjuju Yuniarsih, M.Pd (Ketua Umum Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI); dan Dr. Hery Sawiji, M.Pd (Kaprodi PAP FKIP UNS). Dalam hal ini, Dr. Indra C. Uno memaparkan tentang “Menjadi Wirausaha Mandiri di Era Industri 4.0”; Prof. Dr. Tjuju Yuniarsih, M.Pd memaparkan tentang “Rekonstruksi Kurikulum Administrasi Perkantoran di Era Revolusi Industri 4.0”; Sedangkan Dr. Hery sawiji, M.Pd memaparkan tentang “Langkah Strategis Program Studi PAP FKIP UNS Menyongsong Era Evolusi Industri 4.0”. Setelah Acara Seminar Nasional selesai, dilanjutkan dengan acara Call for Papers yang terbagi dalam 3 kelompok kelas diskusi yaitu dengan tema: 1) Inovasi Media dan Model Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0; 2) Sistem Informasi dan Otomatisasi Perkantoran; serta 3) Manajemen Perkantoran dan SDM. Dalam diskusi setiap tema berlangsung diskusi yang hangat dengan membahas tema yang menjadi bahasan disetiap kelompok kelas diskusi tersebut. Diakhir acara terdapat penyerahan  piagam penulis artikel dan presenter terbaik disetiap temanya, Tema “Inovasi Media dan Model Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0” muncul nama Atik Yuwantiningsih, S.Pd dari SMK Negeri 1 Surakarta; Tema “Sistem Informasi dan Otomatisasi Perkantoran” muncul nama Tri Nugroho Budi Santoso, S.Pd dari SMK Negeri 1 Boyolali; sedangkan pada tema  “Manajemen Perkantoran dan SDM” Muncul nama Agung Kuswantoro, M.Pd dari Universitas Negeri Semarang. Panitia mengucapkan selamat dan sukses bagi pemenang, semoga dapat menjadi penyemangat dalam menulis dan berkontribusi dalam dunia pendidikan.

Blog Attachment

Related Blogs

Leave us a Comment