VISITASI AKREDITASI PRODI PAP FKIP UNS

IMG_8625

Saat ini selain IPK, status akreditasi Program Studi juga menjadi syarat untuk bisa melamar kerja pada suatu instansi negeri, BUMN, maupun swasta. Oleh karena itu, akreditasi menjadi bahan pertimbangan calon mahasiswa yang akan menentukan pilihan prodi maupun perguruan tinggi yang akan menjadi tempat meraih gelar sarjana ataupun masternya. Banyaknya lulusan perguruan tinggi yang tidak diimbangi dengan jumlah lapangan kerja akan menimbulkan permasalahan baru yaitu bertambahnya jumlah pengangguran. Persaingan antar-sesama lulusan untuk memperebutkan jabatan pekerjaan sangat mungkin terjadi.

IMG_8673Menjawab realita tersebut, sebagai Program Studi yang sudah lama berdiri jenjang sarjana di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Pendidikan Administrasi Perkantoran (PAP) mengajukan akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dengan akreditasi diharapkan adanya jaminan dari pemerintah bahwa penyelenggaraan program studi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan.

Setelah mengirimkan borang akreditasi dan mendapatkan desk evaluation, pada hari Senin–Selasa, 20 –  21 Maret  2017 dilaksanakan visitasi penilaian lapangan oleh Tim Asesor BAN-PT yaitu Dra. Bertha Reni PM., M.M. dari STIKS Tarakanita dan Dr. Hasniati, S.Sos., M.Si. dari UNHAS Makassar.

Suasana hangat dan penuh keakraban menyelimuti penyambutan asesor oleh Rektor UNS, Dekan FKIP UNS, Kaprodi PAP FKIP UNS, Dosen, Alumni dan Mahasiswa PAP FKIP UNS. Seperti biasa Rektor UNS, Prof. Dr. H. Ravik Karsidi. M.S.  mengucapkan selamat datang kepada tim asesor BAN-PT.

IMG_8570Selepas pertemuan dengan Rektor UNS, kedua Asesor menuju tempat display dokumen akademik yang berada di Auditorium Pascasarjana FKIP UNS. Proses verifikasi mulai pukul 08.30 hingga sore hari. Visitasi tersebut ditanggapi oleh Dekan FKIP UNS,  Tim Akreditasi Prodi, Dosen, Alumni, dan tentunya perwakilan Mahasiswa Prodi PAP FKIP UNS.

Selanjutnya verifikasi dokumen kelengkapan Borang Prodi cukup memakan waktu karena perlunya menunjukkan dokumen yang menjadi lampiran setiap standar dalam borang. Dengan pendampingan yang dilakukan oleh kaprodi, Dr. Hery Sawiji, M.Pd. disertai Tim Penyusun Borang, pencermatan item penilaian dari standar 1 hingga 7 berjalan lancar. Dalam rangkain visitasi tersebut juga terjadi diskusi yang hangat antara asesor dengan dosen yang mengajar di Prodi PAP FKIP UNS, lalu berlanjut dengan Alumni dan Mahasiswa. Tim Asesor dari BAN-PT juga melakukan kunjungan di Laboratorium yang dimiliki Prodi PAP FKIP UNS.

IMG_8667Proses visitasi berjalan lancar dan sesuai dengan rundown yang ditetapkan asesor sebelumnya. Dalam ramah tamah dengan pimpinan dan saat penandatanganan berita acara visitasi, saran-saran dan masukan yang bermanfaat bagi Program Studi diberikan asesor untuk perbaikan ke depan sehingga mutu yang diberikan dapat lebih  baik lagi.

Pelaksanaan visitasi akreditasi program studi ini diharapkan memperoleh status yang memuaskan untuk mendukung pencapaian akreditasi tingkat Universitas agar mendapatkan nilai A.

Blog Attachment

Related Blogs

Leave us a Comment