Pada tanggal 16 April 2022 Himpunan Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS sukses menyelenggarakan kegiatan Webinar Pendidikan Administrasi Perkantoran dengan tema yang diambil “Skill yang dibutuhkan administrator muda di era society 5.0”. Kegiatan ini menghadirkan 2 pakar komunikasi administrasi dan kesekretariatan yakni Prof. Dr. Suwatno, M.Si (Direktur Direktorat Kemahasiswaan Universitas Pendidikan Indonesia dan salah satu pendiri Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia) serta Dr. Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati M.Pd (Dosen Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Sebelas Maret). Kegiatan webinar ini dilaksanakan secara daring via zoom meeting yang dimulai pukul 08.00 WIB.
Kegiatan Webinar edisi ke-3 ini dihadiri oleh Dekan FKIP UNS, Kepala Prodi PAP UNS, Dosen Pendidikan Administrasi Perkantoran UNS, Mahasiswa PAP UNS serta Guru & Siswa SMK MPLB di Indonesia, dengan total pendaftar sebanyak 183 orang. Tema yang diambil berkaitan dengan society 5.0 dimana “konsep Society 5.0 ini adalah ‘jalan tengah’ atau penggabungan antara transformasi digital dengan imajinasi dan kreativitas manusia untuk menghasilkan ‘pemecahan masalah’ dan ‘penciptaan nilai’. Konsep society 5.0 juga menekankan kebebasan setiap orang dari disparitas yang disebabkan oleh konsentrasi kekayaan dan informasi. Siapapun akan bisa mendapatkan kesempatan untuk berperan dalam kehidupan sosial dan ekonomi kapan saja dan di mana saja. Masyarakat juga dibebaskan dari sumber daya dan kendala lingkungan, dan dapat menjalani kehidupan yang berkelanjutan di wilayah mana pun” dikutip dari pemaparan materi Prof. Dr. Suwatno, M.Si
Prof. Dr. Suwatno, M.Si juga menambahkan bahwa setidaknya ada 10 skill yang diperlukan oleh administrator muda di zaman sekarang diantaranya berpikir kritis, komunikasi yang baik, analisis dan sintesis informasi, penasaran kreatif dan inovatif, kepemimpinan, adaptif dengan lingkungan, kemampuan public speaking, manajemen waktu serta jejaring luas.
Dr. Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati M.Pd memaparkan beberapa ontoh tugas seorang administrator, seperti membuat laporan-laporan yg dibutuhkan, menjaga system komputerisasi yg terpasang, memperbaiki system apabila ada anormal, melakukan dokumentasi dari berbagai sumber data serta mampu meningkatkan performa dari system yang digunakan.