Sabtu (29/10) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS sukses menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Kepenulisan dengan mengusung tema “Improve The Creativity And Innovation With Scientific Paper”. Kegiatan ini menghadirkan pembicara dari salah satu mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNS yakni Iksan Riva Nanda (Mahasiswa Berprestasi UNS 2022). Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara luring yang bertempat di Ruang Sidang II, Lt. 2 Gedung A FKIP UNS dan dimulai pada pukul 08.30 WIB.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Prodi PAP UNS, Pembina HIMADISTRA UNS melalui zoom meeting, dan serta Mahasiswa PAP UNS dengan total pendaftar sebanyak 107 orang yang hadir secara luring. Tema yang diambil berkaitan dengan salah satu softskill yang dibutuhkan dimasa sekarang yakni tentang kemampuan menulis, dimulai dari essay ilmiah, karya tulis ilmiah, hingga artikel ilmiah. Sebagai mahasiswa yang akan berkecimpung langsung dengan keadaan dunia tentunya membutuhkan keterampilan menulis guna menunjang taraf pengkritisan terhadap situasi terbaru dengan akurat yang tentunya berdampak baik dengan untuk keadaan sekitar, selain itu kemampuan menulis ini menunjang dalam peningkatan krativitas hingga prestasi mahasiswa. Dalam perkuliahanpun menulis karya tulis ilmiah juga penting apalagi dimasa sekarang kemampuan menulis KTI ini sangat penting dan akan sangat terasa jika telah menginjak semester atas. Maka dari itu adanya pelatihan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam melatih kreatifitas, inovasi, kepiawaian mengolah tata bahasa, serta meningkatkan motivasi agar terampil menyusuk karya tulis.

Iksan Riva Nanda juga menyampaikan beberapa basic menulis karya tulis ilmiah yang harus kita ketahui yaitu Motivasi, Etika, Tips menulis. Untuk mulai menulis kita harus memiliki motivasi karena untuk memulai pergerakan diawali dengan dorongan dan ancaman. Kenapa kita harus menulis? Untuk mencapai sesuatu, kemudian mulai mencari informasi dan mencatatnya dan untuk mendapatkan output pengetahuan kita harus menyampaikan informasi tersebut. Hal-hal tersebut harus dilakukan dengan seimbang dan berkesinambungan. Dalam menulis beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu tidak boleh melakukan Plagiarisme: meniru hasil karya orang lain. Dilarang untuk Falsifikasi: merubah dan mengurangi data. Hindari adanya Fabrikasi: rekayasa dan manipulasi data.