PELATIHAN MANAJEMEN EDITING VIDEO PEMBELAJARAN PADA MGMP OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SURAKARTA

Pada tanggal 14 Agustus 2020 Tim Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Editing Video Pembelajaran pada MGMP Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) Kota Surakarta. Acara yang diselenggarakan dengan tujuan meningkatan Softskill dan kinerja Guru OTKP Kota Surakarta dalam bidang pengelolaan dan pembuatan media pembelajaran berbasis video pembelajaran dari materi yang disampaikan oleh Guru ke Peserta Didik. Dengan adanya wabah Covid-19 ini, penting adanya suatu media pembelajaran jarak jauh yang dapat digunakan Peserta Didik dalam membantu meningkatkan kemampuan dan pemahaman terhadap materi yang disampaikan oleh Guru.

Pelatihan Manajemen Editing Video dilaksanakan secara tatap muka atau secara langsung yang bertempat di Aula SMK Negeri 7 Surakarta sesuai dengan Protokol Kesehatan wabah Covid-19. Pelatihan tersebut dihadiri oleh 15 Guru OTKP yang tergabung dalam MGMP Kota Surakarta. Acara dibuka secara langsung oleh Ketua Tim Peneliti Manajemen Editing Video yaitu Dr. C. Dyah Sulistyaningrum I, M.Pd. Ketua Tim Peneliti memberikan sambutannya berkaitan dengan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat khususnya Guru OTKP di Kota Surakarta yaitu dengan seiringnya perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat, maka sangat perlu dibutuhkan kemampuan dalam membuat suatu media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi yang dapat dikemas kedalam Video Pembelajaran.

Guru yang mampu menerapkan metode pembelajaran yang kreatif, bervariasi dan lebih fokus dalam pengembangan aktivitas peserta didik akan membuat peserta didik akan lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga materi yang disampaikan oleh Guru akan dapat mudah dipahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *