FGD VIRTUAL HIMADISTRA

Himadistra 2020 telah melewati 10 bulan kebersamaan. Banyak sekali hambatan dan tantangan yang dihadapi dan mampu dilewati. Salah satu tantangan yang hampir berhasil dilalui adalah menjalani program kerja dimasa pandemi Covid19. Himadistra 2020 dipaksa untuk bekerja dari rumah secara daring dengan tetap menjalankan program kerja yang telah disepakati. Hal tersebut dapat menyebabkan Pengurus Himadistra sangat diuji oleh keaadan sekarang yang dapat berdampak pada hasil kinerjanya. Pengembangan Organisasi Himadistra memberikan motivasi untuk Pengurus Himadistra agar hasil kinerja tetap baik dan stabil dengan cara FGD (Forum Group Discussion) internal dan eksternal. Konsep acara FGD semata-mata untuk memberikan motivasi, ilmu yang bermanfaat, pengembangan sudut pandang, dan cara tepat dalam menyikapi sesuatu yang baik atau buruk.

FGD internal dilaksanakan oleh seluruh pengurus Himadistra dengan cara membentuk kelompok kecil mulai 5-7 orang membentuk 8 forum yang masing-masing terdapat satu Kepala Bidang atau Ketua Himpunan sebagai moderator dilakukan untuk membahas tema terkait yang akan disampaikan oleh pembicara di FGD Eksternal. FGD Eksternal adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh seluruh Pengurus Himadistra di dalam forum besar dengan mendatangkan pembicara atau pemateri yang sudah memiliki banyak pengalaman dan latar belakang sesuai dengan tema yang telah ditentukan. FGD telah berlangsung tiga kali sesuai dengan target yang ditentukan Bidang Pengembangan Organisasi.

FGD yang ketiga bertema “Upaya Menghindari Sikap Egosentris serta Meningkatkan Semangat Menuju Akhir Periode”. FGD internal ketiga dilaksanakan pada awal bulan Oktober mulai dari tanggal 6-9 Oktober 2020 sedangkan untuk FGD Eksternal dilaksanakan 10 Oktober 2020. FGD internal dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan oleh Kepala Bidang atau Ketua Himpunan. Sedangkan, FGD eksternal dilaksanakan pukul 10.00 WIB. FGD internal dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan oleh Kepala Bidang atau Ketua Himpunan. Sedangkan, FGD Eksternal pukul 10.00 WIB. Tempat pelaksanaan FGD internal sesuai dengan kesepakatan forum masing-masing sedangakan FGD Eksternal dilaksanakan di Google Meeting.

Acara FGD internal berlangsung cukup kondusif karena teman-teman Pengurus Himadistra yang aktif berdiskusi dan bertukar pendapat. FGD Eskternal berlangsung dengan diawali MC membuka acara di Google Meeting yang dihadiri seluruh pengurus Himadistra dan seorang pembicara. Sesi penyampaian materi atau inti acara berlangsung selama 60 menit. Setelah itu terdapat sesi tanya jawab yang berlangsung selama 30 menit dengan 2 termin pertanyaan yang masing-masing berisi 3 pertanyaan. Setelah itu ada Review Materi dari pembicara atau pemateri dan yang terakhir adalah penutup yang dilakukan oleh MC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *